Monday, March 16, 2020

Apa itu NFC Pada Android dan Apa Fungsinya ??

Apa itu NFC Pada Android dan Apa Fungsinya ?? - Teknologi NFC semakin populer berkat banyak aplikasi praktisnya. Tapi, apa itu sebenarnya, dan bagaimana cara kerjanya? Kami Akan menjawab semua pertanyaan Anda Pada artikel ini Tentang artinya NFC, apa yang dapat Anda lakukan dengan NFC di ponsel Android Jadi simak baik baik artikel berikut ini.

Apa itu NFC?


NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, ini adalah cara bagi ponsel Anda untuk berinteraksi dengan sesuatu yang dekat. Ini beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara perangkat Anda dan lainnya. Ini memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk digunakan.

Meskipun sekarang menjadi populer di Seluruh dunia, jika Anda tinggal di Inggris, Anda mungkin telah menggunakan NFC selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Apakah Anda tahu tiga garis lengkung pada kartu kredit atau debit Anda yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran tanpa kontak di mana-mana hari ini?

Bagaimana saya tahu jika ponsel Android saya memiliki NFC?


Ini sangat sederhana. Cukup buka Pengaturan> Lainnya atau Pengaturan> Wireless & Networks dan lihat apakah ada opsi NFC yang bersembunyi di sana. Sebagian besar smartphone yang memiliki NFC menempatkan logo NFC kecil di panel belakangnya juga.

Bagaimana cara kerja NFC di Android?


NFC mentransmisikan atau menerima data melalui gelombang radio. Ini adalah standar komunikasi nirkabel yang sudah mapan, jadi jika perangkat tetap menggunakan protokol NFC, mereka akan dapat berkomunikasi satu sama lain. Ini berbeda dari Bluetooth yang berfungsi melalui induksi elektromagnetik. Ini berarti ada perangkat pasif, seperti poster atau stiker, yang tidak memerlukan sumber daya sendiri yang dapat mengirimkan data ketika perangkat yang aktif, seperti ponsel cerdas Anda, bersentuhan dengannya.

Sebagai perangkat NFC aktif, smartphone dapat mengirim dan menerima data melalui NFC. Ini mencakup jangkauan penuh - tiga mode - NFC:

  • Pembaca / penulis (mis. Untuk membaca tag di poster NFC)

  • Emulasi kartu (mis. Untuk melakukan pembayaran)

  • Peer-to-peer (mis. Untuk transfer file)


Beberapa masalah dengan NFC di Android



  • Tidak semua perangkat membawa chip NFC, tetapi mereka menjadi lebih dan lebih umum.

  • Chip NFC tidak semuanya terletak di tempat yang sama, menghasilkan beberapa penggalian eksplorasi antar perangkat.

  • Kompatibilitas silang antar perangkat tidak universal, terutama ketika menyangkut jenis file tertentu.


Demikianlah artikel tentang Apa itu NFC Pada Android dan Apa Fungsinya ?? semoga bisa menambah informasi bagi kalian semuanya.

No comments:

Post a Comment